CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Thursday, August 27, 2009

[kcb-milis] Al Qur'an dan Syiar Ramadhan

 


Al Qur'an dan Syiar Ramadhan

Oleh: KH. A. Mustofa Bisri

 

 

Diantara keistimewaan bulan Ramadhan yang paling utama adalah diturunkannya Al-Qur'an di bulan suci ini. Kenyataan turunnya Al-Qur'an itu, apabila kita mau merenungkannya, benar-benar merupakan sesuatu anugerah yang sangat luar biasa agungnya. Pertama, anugerah untuk Nabi Muhammad saw, kemudian untuk kita semua ummatnya.

 

Al-Qur'an adalah firman Allah kepada kita. Al-Qur'an adalah kalam Tuhan semesta alam, dan kita adalah sebagian dari makhluk-makhluk ciptaan-Nya.


Apabila ungkapan di atas belum sebenarnya membawa Anda ke kemahaagungan anugerah itu, coba saja bayangkan. Sebesar apa pun anda, misalnya, dan setinggi apa pun pangkat anda, Anda tak akan lebih dari seorang anggota RT dalam suatu RW di satu dusun, dari beberapa dusun di sebuah desa. Desa ini merupakan salah satu desa dari suatu kecamatan di salah satu kabupaten.


Kabupaten hanyalah satu di antara sekian daerah tingkat II di suatu propinsi. Dan propinsi hanyalah satu diantara sekian wilayah tingkat I di nengeri ini. Jika negeri ini masuk ASEAN dan ASEAN masuk Asia, maka seperti kita ketahui Asia hanyalah salah satu dari beberapa buah benua dan planet yang bernama bumi ini. Sedangkan planet bumi, seperti kita ketahui, hanyalah salah satu dari sekian planet dalam tata surya kita.


Dan Anda tahu, bahwa diruang angkasa ciptaan Allah ini ada jutaan – bahkan konon miliaran bintang dan planet. Masing-masing bintang atau planet yang sekian banyaknya itu ada yang sebesar bumi kita, ada yang lebih besar dua kali lipat, ada yang belasan kali lipat, dan seterusnya. Jarak satu sama lain tak terhinggakan oleh ukuran panjang-lebar kita.


Di antara ciptaan-ciptaan Allah yang begitu besar dan agung, dimanakah letak RT, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, bahkan negeri anda? Dan di manakah Anda?


Nah, pencipta semesta alam yang sedemikian dahsyat dan agung itu ternyata begitu murah dan suci berfirman kepada Anda. Itulah Al-Quran. Kitab suci yang kita peringati turunnya setiap Ramadhan.


Tidak diragukan lagi bulan Ramadhan memang membawa hikmah tersendiri dalam kehidupan kaum Muslimin. Misalnya, begitu masuk bulan Ramadhan kita serasa hidup di dalam aktivitas kehidupan perorangan dan keluarga yang mendadak berubah. Mulai dari situasi dan jadwal aktivitas – termasuk kegiatan dapur hingga frekuensi tidur. Demikian pula media massa, baik cetak maupun elektronik, dengan sendirinya di bulan suci ini menyemarakkan acara-acara sungguhannya.


Apakah ini yang disebut-sebut sebagai syiar Ramadhan itu? Setelah lebih 'separo jalan' kita mengalami dan menghayati syiar Ramadhan, bagaimana kalau sejenak kita menelitinya – dan meneliti sikap kita didalamnya – kembali?


Kesibukan malam yang kini sudah semakin 'merutin' itu masihkah berkait dan seberapa kadar keterkaitannya dengan niat dan keadrengan kita semula: ingin meningkatkan kualitas kehambaan kita di hadapan Allah.


Kehidupan siang kita yang kini sudah mulai terbiasa dengan pergantian jadwal makan-minum – masihkah mengingatkan kita kepada hikmah-hikmah mulia berlapar-lapar dahaga?


Marilah kita hitung kembali jam-jam, menit-menit, atau kalau perlu detik-detik kebersamaan kita yang sesungguhnya dengan Allah. Untuk siapa kita berpuasa dan bahkan hidup: kepada siapa segala harapan kita tumpukan. Berapakah prosentasinya disbanding dengan yang lain? Atau adakah frekuensi kebersamaan itu konstan?


Jawaban kita yang jujur masih belum terlambat apabila kita benar-benar ingin memaksimalkan penggunaan kesempatan Ramadhan ini bagi meningkatkan kedekatan itu kepada-Nya.

 

Penulis adalah pemimpin Pondok Pesantren Roudhotut Thalibin, Rembang.




--
visit www.sigitwahyu.net
ilmu dan hikmah
balancing soul and mind

















__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: