CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Wednesday, July 29, 2009

[kcb-milis] OOT: ARTIKEL

 


ikut-ikutan aah, tulisan ini udah lama siy ditulisnya.....tp gpplah, masih relevan koq....hehehe.

salam ukhuwah,
sigit wahyu
www.sigitwahyu.net





KEMBALI KE PEMASARAN SPIRITUAL

Oleh : M. Sigit Wahyu Kurnianto

 

 

Pergeseran dari ekonomi konvensional ke ekonomi syariah menarik untuk dicermati. Kita berharap, ini bukan sekedar tren yang statu saat akan redup manakala ada tren baru dalam ekonomi nasional. Ekonomi syariah menjadi tenggelam dan kenangan yang manis dalam ingatan kita.

 

Ekonomi syariah di Indonesia dipelopori oleh Bank Muamalat yang beroperasi Sejak tahun 1992. Perkembangannya menyentuh bidang-bidang antara lain asuransi, pembiayaan, hotel, pasar modal dan berbagai aspek lainnya. Yang menarik, sejak krisis ekonomi yang melanda Indonesia di tahun 1997, Bank Syariah mampu bertahan hidup dibanding bank-bank konvensional yang sudah terimbas krisis.

 

Lebih dari itu, ketahanan ekonomi syariah diindikasikan dengan kemunculan bank-bank syariah baik membuka cabang syariah maupun unit/divisi syariah dari bank konvensional. Inilah yang dapat kita baca, bahwa ekonomi syariah mendapat perhatian yang memadai dari pelaku ekonomi di tanah air.

 

Akan tetapi, kecendrungan sentimen pelaku bisnis ini harus diantisipasi sedini mungkin agar tidak terperangkap pada titik kejenuhan. Karena kecendrungan dalam aktifitas ekonomi yang dibungkus dengan tren publik yang berubah-berubah, akan mereduksi sistem ekonomi syariah itu sendiri.

 

Spiritualisasi Ekonomi Syariah

 

Perkembangan ekonomi syariah sendiri mampu mengembalikan nilai-nilai Islam di tengah-tengah kehidupan perekonomian masyarakat kita. Dalam berbisnis telah muncul kesadaran akan pentingnya etika, kejujuran dan prinsip-prinsip Islam lainnya. Rasulullah sendiri telah memberikan contoh kepada kita, tentang cara-cara berbisnis yang berpegang teguh pada kebenaran, kejujuran, sikap amanah serta tetap memperoleh keuntungan. Nilai-nilai inilah yang menjadi landasan atau hukum dalam melakukan suatu bisnis. Rasulullah adalah profile kesuksesan dalam melakukan spititualisasi pemasaran.

 

Oleh karena itu, kita bisa mencontoh sikap nabi dengan mengutamakan nilai-nilai spiritual (Islam). Dalam melakukan pemasaran dan bisnis hendaknya kita memenuhinya dengan nilai-nilai ibadah. Selain itu menjadikan Allah sebagai persinggahan terakhir dari spirit aktifitas ekonomi yang kita lakukan. Dalam Al-Quran (QS. Al-An'am (6):162) dinyatakan "Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah."

 

Dari perkembangan ekonomi syariah, pemasaran juga mengalami transformasi dari level intelektual berkembang ke level emosional dan kini ke level spiritual.  Pemasaran pada level intelektual bermuncullah konsep 4P, yakni Product, Place, Price, dan Promotion atau yang lebih dikenal dengan sebutan Marketing Mix, Promotion Mix (Advertising, Personal Selling, Sales Promotion dan Publication), konsep Branding, dan lain-lain. 

 

Adapun pemasaran pada level emosional ditandai dengan hadirnya konsep customer relationship management, emotional branding, experiental marketing, dan lain sebagainya. Pada level ini ditekankan emosional dalam memanjakan pelanggan. Produk yang dijual juga memasukkan value emosional dan menciptakan "pengalaman-pengalaman" baru dalam mengkonsumsi produk barang atau jasa suatu perusahaan.

 

Level terakhir sekaligus tingkatan tertinggi adalah pemasaran level spiritual dengan berprinsip pada nilai-nilai Islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah empat belas abad silam, yaitu kejujuran, amanah, fathanah (cerdas & bijaksana), dan tabligh (komunikatif & argumentatif). 

 

Di level pemasaran spiritual ini digunakan bahasa hati untuk menunjukkan arah yang dituju.  Pemasaran syariah atau spiritual tidak semata-mata hanya keuntungan, di dalamnya berproses pula nilai-nilai ibadah.  Aa Gym melihat tugas seorang muslim ada tiga yaitu ibadah, khalifah, dan dakwah. Aktifitas apapun termasuk bisnis harus mencerminkan ketiga tujuan tersebut. 

 

Kejujuran Pemasaran

 

Kejujuran telah menjadi prasyarat mutlak dalam berbisnis bagi perusahaan terutama perusahaan publik karena Good Corporate Governance akan berbanding lurus dengan sentimen investasi, sikap pelanggan dan kolega perusahaan. Terbukti banyak perusahaan, terutama perusahaan publik berusaha menjalankan Good Corporate Governance-nya dengan sebaik-baiknya.

 

Tesis mutakhir Hermawan Kartajaya, pakar pemasaran Indonesia, menempatkan pelanggan dewasa ini sebagai pelanggan Venus, yaitu pelanggan yang kita hadapi sehari-hari, pelanggan yang semakin sensitif dan emosional.  Pelanggan Venus ini seakan-akan memiliki indra keenam yang akan mengetahui kejujuran dan kebohongan. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam memperlakukan dan melayani mereka.  Positioning, iklan, tagline dan lain sebagainya adalah janji dan mereka akan memusuhi produk atau brand bahkan perusahaan bila apa yang kita janjikan tidak dapat dipenuhi.

 

Sehebat apapun strategi pemasarannya bila perusahaan itu berbohong ke pelanggan maka siap-siap saja perusahaan tersebut akan berkurang pangsa pasarnya.  Pelanggan Venus memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terutama untuk produk-produk premium.  

 

Selain kejujuran, pelanggan Venus sangat menginginkan value back money yang cukup memuaskan dari suatu produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.  Pemasaranpun sudah mengalami perubahan yang sangat cepat. Teori-teori pemasaran yang didapat di bangku kuliah pun tidak akan cukup dijalankan bila tanpa sentuhan emosional dan spiritual.

 

Akhirnya, pemasaran spiritual ini jangan sampai menjadi tren saja, tapi terbentuk secara sistemik dalam aktivitas bisnis sehari-hari kita. Rasulullah adalah contoh saudagar yang sukses secara Islam tanpa mengorbankan keuntungan itu sendiri. Kejujuran adalah instrumen penting dalam merengguh keunggulan bersaing.  Dengan demikian persaingan tak lagi dilumuri oleh kecurangan dan penindasan. Wa'Allahu alam bish shawab.

 

(penulis adalah praktisi pemasaran, aktivis religi dan manajer pemasaran di salah satu perusahaan di Jakarta)

 

 


--

visit www.sigitwahyu.net
ilmu dan hikmah










__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Search

Try a shortcut

Get local weather

faster.

Yahoo! Groups

Auto Enthusiast Zone

Passionate about cars?

Check out the Auto Enthusiast Zone.

Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

.

__,_._,___

No comments: