CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Tuesday, July 28, 2009

[kcb-milis] Bingung ingin UNREG dan tak pernah terdaftar sebagai anggota???

 

Bismillah...
"Mungkin sebaiknya dicopy dulu artikel ini ke notepad atau ke Ms.Word jika ingin mencoba tutorial yang ringan ini."

A. UNREG???
Sering kita mendapatkan email dari teman-teman yang isinya hanya tulisan UNREG, UNREG-MILIS, dll...., mungkin yang dimaksud teman kita itu barangkali ia ingin keluar/Unsubscribe dari milis ini. Entah memang karena alasan 'sudah tidak betah' lagi ikut milis ini atau mungkin merasa emailnya itu bagai "kertas koran" yang semakin hari semakin menumpuk dan mungkin di antara teman kita memang belum mengetahui cara keluar dari milis ini yang akhirnya hasilnya pun seperti email yang kita terima tadi dengan tulisan UNREG.
Untuk melakukan UNREG dimilis yahoo (kita contohkan saja pada milis ini) ada 2 cara, diantaranya :
  1. Cara Pertama: Kirim email kosong dengan tujuan ke (To:) kcb-milis-unsubscribe@yahoogroups.com 
  2. Cara Kedua: Masuk kehalaman milis anda, http://groups.yahoo.com/group/kcb-milis/ (silahkan login yahoo terlebih dahulu jika belum)
    setelah masuk kehalaman group milis anda, klik link "
    Edit Membership"  yang ada ditengah-tengah atas halaman tersebut
  3. Setelah anda berada dihalaman "Edit Membership", Klik Tombol "Leave Group" di bagian kanan bawah dari halaman yang muncul.
    Setelah Anda klik link ini anda tidak akan lagi menerima pesan email dari milis ini lagi dan Anda tidak akan terdaftar sebagai anggota di grup ini lagi.
Jika memang karena alasan kedua, yaitu anda merasa tidak ingin keluar dari milis ini tetapi anda kesal dengan email yang bertumpuk di Inbox anda, solusinya anda tinggal melakukan Filter saja dengan membuat Folder khusus untuk milis anda, misalnya buat folder khusus untuk milis kcb dengan nama "Milis KCB". Sehingga setiap kiriman email dari milis kcb akan masuk kedalam folder yang tadi anda buat, jadi tidak masuk ke inbox lagi. Enak toh..
Berikut cara membuat Filter Email yang masuk :
  1. Buat Folder baru dengan meng-klik link 'Add' pada menu 'My Folders' disebelah kiri (agak ke bawah) dari halaman inbox email anda, dan beri nama "Milis KCB" (contoh aja..)
  2. Sekarang lihat disudut kanan atas, pilih menu Option dan pilih 'Mail Options', maka akan masuk ke halaman berikutnya.
  3. Setelah masuk di halaman Mail Options, Lihat dibagian kiri terdapat beberapa menu, klik menu Filter, dan  lihat disebelah  kanan halaman itu terdapat link 'Create or edit filters' , klik aja link tersebut.
  4. Setelah anda masuk di Halaman Filters, klik tombol 'add' untuk membuat Filter baru.
  5. Sekarang  anda hanya mengisi sebagian dari kotak kosong yang telah tampil, Silahkan isi dibagian :
    Filter Name: kcb-milis (ini terserah anda mau dinamakan apa nama Filternya) From header : {kosongkan saja}
    To/Cc header : {kosongkan saja}
    Subject: [kcb-milis]
    Body: {kosongkan saja}

  6. Lalu dibawahnya terdapat kalimat  " Move the message to: " , pilih nama Folder yang telah anda buat tadi yaitu "Milis KCB" pada combobox(kotak pilihan).
  7. Terakhir, klik tombol 'Save Changes' disebelah kiri bawah.
  8. Selesai deh..nanti setiap email dari milis kcb pasti masuk kefolder 'Milis KCB' yang udah dibuat tadi...gampang kan..^_^

Perhatikan!!!: yang paling penting adalah pada bagian "To/Cc header" anda harus mengisi dengan kata [kcb-milis] 
ini berarti bahwa setiap email yang Subject nya mengandung kalimat [kcb-milis] , maka akan di Filter/disaring/dipindahkan ke folder yang telah 
anda buat tadi dengan nama "Milis KCB" (saya contohkan pada bagian Subject saja, walaupun semua bagian seperti To/Body itu bisa difilter lagi).

B. Faktor Pendaftaran anggota tak pernah berhasil?
  1. Dari  Faktor Pengirim : Cek kembali Tujuan (To:) pengiriman email yang akan dikirim, sebaiknya jangan melakukan copy paste (alamat email tujuan) dari manapun, karena biasanya setelah anda paste, penulisan email tersebut telah berubah jumlah karakternya, biasanya ada penambahan space,
    misalnya email tujuan adalah :
    "
    kcb-milis@yahoogroups.com" ,  anda misalnya hanya copy paste saja saat mau mengiirimkan email, dan hasilnya akan seperti ini 
    kcb-milis@yahoogroups. com --> terlihat ada penambahan space setelah titik (.) Solusinya : Betulkan penulisannya email-nya dengan menghapus space yang ada.
  2. Dari Faktor Penerima :Faktor Kedua bisa jadi karena email anda telah terkirim namun memang dari penerima belum sempat membaca sehingga data anda belum di update.

Segitu dulu aja deh Tutorial yang ringan ini dan mohon maaf jika artikel ini pernah dibahas atau terdapat kata-kata yang salah.. Semoga bermanfaat

Taufiq Hidayat


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: