CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Monday, January 19, 2009

[ketika_cinta_bertasbih] [ALL ABOUT BROADCAST, COMMUNICATION, AND JOURNALISM] HAL YANG HARUS DIPERHATI...

Hi Para browser ! gimana hari -hari kalian? apakah masih disibukan dengan tugas kuliah dari para dosen yang idealis? Santai saja boss..... postingan kali ini mudah-mudahan bisa memberikan sedikit pencerahan he......

Bagi sobat yang terdampar ke situs ini oleh om Google, saya ucapkan selamat ! karena melalui tulisan ini saya akan membahas beberapa faktor yang bisa menjadikan komunikasi kamu lebih efektif, artinya setiap pesan yang kamu sampaikan tidak hanya dimengerti, bahkan bisa dipahami oleh komunikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Sebelum menjelaskan lebih jauh, perlu diketahui bahwa komunikasi bukan hanyalah melulu mengandalkan kemampuan berbicara, tapi komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang menggunakan seluruh panca indera kita. menurut beberapa penelitian bahwa bicara (elemen vocal) bukanlah faktor terpenting dalam komunikasi yang efektif. maka perhatikanlah beberapa faktor di bawah ini saat berkomunikasi : 
Faktor 1 adalah elemen visual

Pada saat berkomunikasi elemen visual seperti kontak mata (eye contact), ekspresi wajah (facial expression), gesture (gerakan isyarat), posture (sikap tubuh) dan bahasa tubuh (body language) merupakan bagian yang paling menentukan agar komunikasi berjalan dengan efektif. menurut saya 55% keberhasilan dalam berkomunikasi sangat ditentukan oleh faktor ini.
Kita ambil satu contoh : Ketika seorang majikan memerintahkan untuk bekerja, tetapi dengan bertolak pinggang akan sangat berbeda dengan bersikap luwes terhadap bawahannya. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi efektifitas serta kualitas kerja seorang pegawai. 
faktor 2 baru elemen vocal

Volume suara, kecepatan berbicara, intonasi suara, dan juga artikulasi memegang peranan penting tetapi pengaruhnya masih dibawah elemen visual. 38% keberhasilan dalam komunikasi bergantung pada faktor ini. anda tidak bisa berkomunikasi dengan baik jika tidak menatap lawan bicara anda. Seperti halnya teriakan tarzan yang biasa dilakukan oleh anak-nak yang manja untuk memanggil pembantunya. terkadang suka malu sendiri he... dan ngomong sendiri " Si bibi kemana ya?" (maaf kalau ada yang tersinggung).
faktor 3 elemen verbal

Cara penyampaian pesan atau maksud. diusahakan sampaikan dengan cara yang sangat sederhana, tidak mengandung arti ganda (bias), tidak bertele-tele lengkap dan jelas, karena menyampaikan pesan secara sederhana dan To The Point turut menentukan agar komunikasi anda berjalan dengan baik. 7% keberhasilan dalam komunikasi bergantung pada faktor ini. Karena faktor visual seperti kontak mata, ekspresi wajah, gesture maupun posture adalah refleksi dari hati, bukan otak kita maka agar komunikasi berjalan efektif diperlukan ketulusan dan kejujuran dari diri kita. speak always the truth but do it with love.



--
Posting oleh All ABOUT BROADCAST COMMUNICATION JOURNALISM ke ALL ABOUT BROADCAST, COMMUNICATION, AND JOURNALISM pada 1/19/2009 06:57:00 AM

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to dogs.

10 Day Club

on Yahoo! Groups

Share the benefits

of a high fiber diet.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

.

__,_._,___

No comments: