CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Saturday, November 29, 2008

[ketika_cinta_bertasbih] Think outside the box (Berpikir di luar nalar)

Berpikir di luar kotak adalah cara berpikir yang berbeda, atau berpikir
dengan cara yang tidak pada umumnya yang terjadi pada seseorang. Dalam
arti kata lain ide atau gagasan yang dimiliki oleh orang yang berpola
pikir think outside the box ini mempunyai pemikiran yang kreatif, tidak
pernah ada, tidak menjiplak, berpikir dari dari sudut pandang yang baru.

Pemikiran ini kadang-kadang disebut proses pemikiran yang mengambil sisi
lain dari sesuatu. Pemikiran think outside the box ini banyak ditemui di
lingkungan bisnis periklanan, terutama digunakan oleh konsultan
manajemen dan eksekutif trainer periklanan, yang telah melahirkan
sejumlah slogan periklanan.

Ide berpikir di luar kotak tersebut selalu tidak lazim dalam memecahkan
suatu masalah, namun sangat berguna berguna untuk memecahkan
permasalahan, karena pada umumnya cara berpikir seperti ini berani
berpikir walaupun gagal.

Dorongan berpikir di luar kotak, saat ini sangat populer di dunia
broadcast dan periklanan di luar negeri, dan di Indonesia cara berpikir
seperti ini mulai berkembang sejak lahirnya televisi swasta. dan saat
ini baru populer di lingkungan brodcast saja, betapa tidak cara berpikir
seperti ini menjadi populer karena ketidak lazimannya dalam cara
mengungkapkan suatu gagasan atau ide. contoh kecil, beberapa iklan
A-mild yang tayang di stasiun televisi.

Beberapa Iklan A-mild yang ada di TV sekarang patut diacungi jempol,
pasalnya memiliki kreativitas yang luar biasa. Mulai dari konsep,
pemilihan karakter, hingga teknik pengambilan gambar. Secara ril,
pemirsa pun menjadi turut berpikir, bahkan tercengang "koq bisa sih?".
Timbul satu pertanyaan dalam hati pemirsa, bagaimana proses pembuatan
iklan itu? mulai dari penyusunan konsep, hingga tahap akhir yaitu
penanyangan di TV.

Iklan A-Mild Sampoerna episode Milih Gelar atau Kerja, punya daya tarik
tersendiri. Konsep iklan yang divisualisasikan tergolong baru, yaitu
memberikan sudut pandang lain yang tidak ada kaitannya dengan rokok itu
sendiri. Hal ini mungkin ingin menunjukkan bahwa Sampoerna juga memiliki
kepedulian sosial terhadap dunia pengangguran. Fenomena yang digambarkan
cukup jelas, yaitu pengangguran yang masih banyak, dan diantaranya itu
hanya satu orang yang memiliki kreativitas sendiri untuk menciptakan
lapangan kerja sendiri. Ide serta gagasan yang diberikan dalam iklan
tersebut, cukup mewakili deskripsi fenomena yang tengah terjadi, hanya
dalam durasi yang sangat singkat.

Ide yang disajikan dalam iklan A mild tersebut bermuatan perangsangan
emosi Mental yang paradoks atau pernyataan yg seolah-olah bertentangan
(berlawanan) dengan pendapat pada umumnya atau kebenaran, tetapi pada
kenyataannya mengandung kebenaran, pasalnya pada iklan tersebut telah
mengubah paradigma yang bersifat tradisional, dengan menunjukan
unconventionality menjadi conventionality, suatu hal yang tidak lazim
menjadi lazim. Itulah salah satu implementasi dari think outside the
box, are you?

Artikel ini merupakan terjemahan dari wikipedia.org, serta telah
dikembangkan oleh Andri "Hasan" Hardiansyah dengan

Referensi :

1. ^ The Art of Creative Thinking: How to Be Innovative and Develop
Great Ideas
2. ^ Biography of Mike Vance at Creative Thinking Association of
America.
3. ^ "Outside the Box": The Inside Story, retr/ Aug. 2, 2006.
4. ^ The Mavens' Word of the Day, "Outside the Box Thinking", retr. Aug.
2, 2006.
5. ^ Sam Loyd, Cyclopedia of Puzzles. (The Lamb Publishing Company,
1914)
6. ^ J. Travers, The Puzzle-Mine: Puzzles Collected from the Works of
the Late Henry Ernest Dudeney. (Thos. Nelson, 1951)
7. ^ Research by "RonButters" posted to American Dialect Society mailing
list June 2, 2000, retrieved Aug. 2, 2006.
8. ^ Facsimile from Cyclopedia of Puzzles - Columbus's Egg Puzzle is on
right-hand page at http://www.mathpuzzle.com
9. ^
http://www.stickyminds.com/sitewide.asp?Function=edetail&ObjectType=COL&\
ObjectId=8279


www.andrihardiansyah.blogspot.com
www.kangandri.wordpress.com

type_D

__._,_.___
Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Moderator Central

An online resource

for moderators

of Yahoo! Groups.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

.

__,_._,___

No comments: