CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday, October 24, 2008

[ketika_cinta_bertasbih] selamat datang musim dingin

Hujan turun di Mesir, selamat datang musim dingin

 

Siang ini (Jum`at/ 24 Okober 2008) gerimis membasahi kota Kairo. Gerimis turun tidak berlangsung lama, hanya sekedar pembasah tanah dan penghilang debu-debu yang menempel tebal dibangunan-banunan apartemen. Jalanan-jalanan kelihatan becek dan apartemen nampak begitu bersih. Daun-daunan bergitu bersih dan kelihatan hijau nan asri. Langit kelihatan lebih bersih meskipun di sebagian cakrawala nampak awan mendung. Tidak ada genangan air apalagi banjir. Yah begitulah hujan dimesir. Hanya turun dalam kadar yang sedikit dan tidak berlangsung lama. Dalam setahun tidak lebih dari 5 kali. Tapi masyarakat tidak pernah kekeringan. Karena sungai Nil selalu mengalir sepanjang tahun. Sungai Nil betul-betul menjadi hadiah untuk Mesir. Nadi kehidupan yang menjadi sumber air minum, sumber listrik, objek wisata, dsb.

Di Mesir, Turunnya hujan bukan hanya sekedar turunnya air tapi sebagai pertanda dimulainya musim dingin. Siap-siaplah dengan sweater, jaket dan mantel anda untuk menghadapi cuaca yang bisa turun sampai dengan 5 derajat. Waspadalah dengan angin malam yang menusuk tulang dan kenakanlah baju tebal ketika anda keluar dari rumah. Cuaca rata-rata berkisar 5 sampai 15 derajat celcius. Jangan lagi mandi pakai air dingin biasa, tapi harus mandi dengan air yang dipanaskan kalau anda tidak ingin masuk angin dan tulang terasa ngilu. Jika ada uang lebih, belilah jahe untuk menu minuman pagi agar tubuh terasa panas. Agar ruangan terasa panas, belilah pemanas listrik yang dijual dalam pelbagai ukuran. Bagi mahasiswa yang hanya temporal di Mesir, tidak perlu membeli AC yang bisa memanaskan ruangan.

Bangun subuh terasa agak berat. Butuh perjuangan dan iman yang kuat melawan dingin yang menjalar keseluruh pori-pori dan merasuk ke tulang sumsum. Berwudhu` dengan air ledeng terasa menyiramkan es yang baru mencair ke kulit. Di siang hari, menyentuh air masih saja terasa es yang baru mencair. Angin yang bertiup menimpa tubuh terasa begitu sangat dingin kala menyapa anda di perjalanan menuju masjid untuk shalat subuh berjamaah. Begitu jendela rumah dibuka, akan terdengar suara angin yang menggulung-gulung di luar rumah. Bagi mereka yang tinggal di gurun akan mendengar dengan jelas lolongan srigala gurun dan binatang buas lain mencari mangsa karena kelaparan.

Musim dingin. saatnya anda mengeluarkan baju kaos ketat sebagai lapisan dalam pakaian agar terasa hangat. Pakailah Bantholun (celana panjang ketat sebagai dalaman) saat keluar rumah ataupun didalam rumah. Sudah waktunya juga untuk menggelar kembali selimut tebal yang sempat anda bungkus di musim panas. Agar lebih nyaman tidurlah dengan mengenakan jaket dan dilapisi oleh selimut tebal. Akan lebih terasa nyaman lagi kalau anda menambahkan kaos kaki, syal, sarung tangan atau sekalian kupluk dibagian kepala jikalau tidak ingin merasa kedinginan saat di dalam dan di luar rumah. Jangan sampai kulit anda dihembus langsung oleh angin, sering-seringlah memakai baju kaos panjang lengan. Kulit anda pun mudah mengering karena kehilangan daya elastisitasnya. Jangan lupa menyediakan cream khusus dan cocok untuk kulit anda. Gunakan juga kaos kaki saat keluar rumah agar kulik telapak kaki anda tidak pecah-pecah dan akhirnya luka.

Bertukarnya musim, perbedaan waktu menjadi fenomena tersediri. Saat winter malam terasa panjang dan siangnya jauh lebih pendek. Di puncak musim dingin waktu subuh masuk pukul 5.30 AM dan waktu magrib masuk pukul 4.30. Beda drastis jika dibandingkan dengan puncak musim panas. Waktu summer, subuh masuk pukul 4.00 AM dan waktu magrib masuk pukul 08.00 PM. Anda bisa melaksanakan shaum selama 16 jam. Musim dingin menjadi surga tersendiri bagi ahli ibadah. Malamnya yang panjang bisa untuk memperbanyak dan memperpanjang tahajud. Siangnya yang pendek sangat menyenangkan untuk shaum. Hanya saja godaan lapar juga sulit untuk dilawan. Bila kita mengikuti berita perjalanan jamaah haji, maka saat wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah merupakan ujian terbesar bagi mereka. Dengan hanya berbekal ihram mereka harus menghadapi dingin yang menusuk tulang pada malam hari sampai esok paginya. Tak jarang jamaah mengalami gangguan fisik berupa demam, pilek, sakit kepala, batuk dan pelbagai penyakit lainnya pasca rentetan pelaksanaan rukun dan wajib haji.

Sebagai persiapan menghadapi musim dingin tidak sedikit kawan-kawan dari Indonesia yang melakukan shoping ke Port Said untuk mencari baju-baju dan perlengkapan musim dingin dengan kualitas bagus dan harga terjangkau. Area dekat dengan pelabuhan ini memang menyediakan banyak kebutuhan musim dingin yang di inport dari Eropa dan belahan dunia lainnya. Banyak organisasi yang mengadakan paket rihlah di ujung musim dingin ke daerah ini. Atau anda bisa juga berangkat dengan mobil umum dan menginap di rumah kawan yang berada di Port Said. Karena perjalanan ke Port Said membutuhkan waktu yang tidak jauh beda dengan perjalanan ke Alexandria. Butuh 2-3 jam perjalanan darat menuju daerah ini.

Perut yang mudah lapar di musim dingin membuat anda butuh banyak alternatif untuk mengisi perut yang keroncongan. Makan tidak cukup 3 kali sehari. Anda dituntut untuk banyak ngemil dan sedia makanan cadangan. Jangan panik, datangilah restoran Syabrawy untuk makan pelbagai sandwich bagi anda yang tinggal di areal yang dekat dengan Seventh District seperti Rab`ah. Atau datangilah Babay di Masakin Utsman yang tidak jauh dari Masjid Nuri Khatab. Bila anda menggandrungi sandwich hati maka datanglah ke Abou Romy yang juga berada di Seventh Ditrict. Di daerah ini memang banyak tersedia ruamah makan dan restoran yang menjual menu ala Mesir. Dan banyak juga restoran ala melayu yang dikelola oleh mahasiswa Asia Tenggara. Sebut saja Sabi` Restorant di pusat Seventh District. Nil Restoran di District Villa dekat dari pinggiran jalan Wahran St. tidak jauh dari sana juga ada Kelantan Restoran yang berada diseberang jalannnya dan lebih dekat ke arah masjid Nuri Khitab.  Di dekat terminal Seventh District juga ada restoran Mutiara. Kalau di wilayah Tenth District anda tidak perlu kebingungan, karena di wilayah ini banyak sekali tersedia rumah makan dengan hidangan ala melayu. Sayangnya restoran yang menyediakan hidanga Mesir tidak ada yang menjadi pilihan kegandrungan konsumen. Saat berada  di Al Azhar Sq. anda juga bisa mencari sandwich dengan harga terjangkau dan nikmat di dekat masjid Dardiry dan restoran Gad didekat kantor post wilayah Al Azhar.

Bila anda datang ke Mesir dan memilih menginap di Wisma Nusantara Hostel, jangan lupa untuk mencari tahu KFC terdekat yang berada di simpang jalan utama arah masuk menuju Wisma Nusantara. Akan lebih baik juga anda mencari tahu jalan menuju Abbas al Aqqad yang dekat dengan Wisma. Di sepanjang jalan ini anda akan mendapatkan banyak restoran berkelas yang menyediakan menu panas siap saji. Sebut saja Mo`men, KFC, nasi bukhari, hidangan kabab, dll. Tapi perlu diketahui bahwa rumah makan dan restoran yang ada hanya akan dibuka pada pagi hari umumnya pukul 10.00 AM atau pukul 11.30 AM. Sangat sedikit yang buka 24 jam atau dibuka lebih awal. Ini adalah imbas dari kebiasaan mereka untuk tidur pagi dan cara hidup yang tidak siap saing dalam dunia usaha. Oleh karena itu anda jangan merasa berkecil hati dan menyiksa perut dengan kelaparan. Carilah supermarket terdekat untuk mendapatkan roti, wafer, coklat dan pelbagai makanan ringan lain dengan harga yang terjangkau di Abd. Rasul yang juga dekat dengan Wisma Nusantara. Kalau masih mengantongi mata uang Dollar atau Euro, sebelum belanja anda bisa singgah ke Asyir Ramadhan Money Changer yang berada dekat dengan supermarket ini. 

Mengkonsumi alkohol barangkali menjadi pilihan dan kegemaran orang-orang yang hidup di wilayah yang mengalami musim dingin. Anda barangkali akan berpikiran sama dengan mereka. Tapi untuk di Mesir anda tidak bisa mendapatkan dan mengkonsumsi alkohol dengan bebas di semua tempat. Undang-undang Mesir membatasi peredaran alkohol di negeri ini. Alkohol boleh dikonsumi di tempat-tempat tertentu dan tidak diizinkan dijual tempat umum dan jalanan. Penjara sudah siap menunggu anda bila anda tidak mengindahkan peraturan pemerintah Mesir. Dan jangan pernah menganggap enteng hukuman penjara di Mesir. Karena dipenjara anda hanya akan bertemu dengan masyarakat Mesir yang berjiwa fir`aun. Tapi saya yakin anda lebih memilih meninggalkan alkohol sebagai konsumsi yang diharamkan oleh syariat. Masih banyak pilihan lain untuk memanaskan badan di musim dingin dan harganyapun cendrung lebih murah.

Bagi para pelajar dan mahasiswa di Mesir, musim dingin menjadi tantangan tersendiri. Di puncak musim dingin mereka harus menghadapi ujian term I. Mahasiswa Al Azhar menempuh ujian term I yang berlangusung pada minggu pertama bulan Januari setiap tahunnya. Mahasiswa baru Al Azhar umumnya datang ke Mesir pada bulan Oktober dan November, saat musim dingin mulai menemani penduduk Mesir. Jika mereka mulai datang di akhir Oktober, ketika mereka menginjakkan kaki mereka di Cairo International Airport mereka akan langsung disambut oleh angin gurun yang begitu dingin menusuk tulang. Jangan lupa untuk menyandang jaket saat keluar dari pesawat, apalagi saat keluar dari bandara. Mereka akan sangat diuji lagi ketika harus menghadapi ujian pertama di bangku kuliah di pnucak musim dingin. Tangan kadang terasa beku dan kaku untuk menulis. Apalagi kalau hujan sempat turun. Anda bisa menulis sambil menggigil menahan dingin. Sungguh suasana yang begitu kontras dengan Indonesia yang tropis. Perlu diingat wahai sahabat,  setiap ujian akan melahirkan orang-orang hebat dan tangguh.

Diadakannya syuting film Ketika Cinta Bertasbih di Kairo dan Alexandria menjadi tantangan dan kendala tersendiri bagi crew dan para pemain film. Apalagi mereka harus syuting di luar ruangan. Dengan girang angin dingin mengucapkan selamat datang di wilayah kekuasaan mereka kepada Azzam dan kawan-kawan. Apalagi saat mereka akan syuting di Mountazah Alexandria yang berada di pesisir pantai perairan Meditrania. Laut tengah yang menjadi pemisah benua Afrika dan benua Eropa membawa angin dingin dari Eropa. Sehingganya musim yang berlangsung di Eropa dan di sebagain Afrika Utara dan Barat tidak mengalami perbedaan. Mesir juga mengalami 4 musim, meskipun orang Msir dan orang arab secara umum sejak dulu hanya mengenal dua musim saja; shaif (musim panas) dan syita` (musim dingin). Di Timur Tengah secara umum tidak semua wilayah yang turun salju. Ada memang beberapa Negara yang turun salju, seperti di Jordania dan Syiria. Di beberapa Negara tidak turun salju. Di Mesir sendiri termasuk negara yang tidak sampai turun salju. Kemungkinan turun salju hanyalah di dataran tinggi Sinai sebagai wilayah tertinggi di Mesir.     

Saat musim dingin tiba hindarilah untuk gemar berdiam diri di rumah tanpa melakukan banyak aktivitas di luar rumah karena akan membuat diri anda merasa sangat kedinginan dan tidak memeperoleh cahaya matahari. Tentu akan mempengaruhi kesehatan anda. Jangan malas untuk mandi karena akan membuat anda akan semakin pemalas dan mudah ngantuk. Tapi sering-sering mandi juga tidak baik. Akan beresiko tinggi terhadap tulang anda. Mungkin akibatnya tidak dirasakan hari ini. Tapi hari tua kelak anda akan mengeluhkan tulang yang sudah rapuh dan kerap rheumatic.

Bila anda termasuk orang yang suka jogging, senam dan olah raga lainnya sebaiknya siap-siaplah untuk merubah kebiasaan anda. Janganlah berolah raga di pagi. Karena dingin yang terlalu menyayat kulit membuat kesehatan anda terancam terganggu. Olahraga yang seharusnya menyehatkan justru mengundang penyakit. Saya yakin anda tidak mengharapkannya. Bila tidak mau merubah kebiasaan ini lakukanlah orah raga kegemaran anda di sore hari yang cendrung tidak terlalu dingin. Dan anda bisa bergabung dengan banyak orang dari pelbagai Negara di Suq Sayyarat International Stadion yang jauh lebih besar dibanding Bernabou stadion kebanggaan Real Madrid. Atau anda juga bisa melakukannya di dalam ruangan tertutup dan kulit anda tidak tertiup langsung oleh angin.

Bagi anda yang menggandrungi dunia traveling, di musim dingin sebaiknya memilih wilayah selatan Mesir yang juga memiliki dua musim: musim panas dan musim panas sekali, seperti kebanyakan negara–Negara yang berada di Afrika. Sehingganya kulit mereka lebih cendrung gelap dibanding penduduk Mesir yang berdomisli di arah utara. Selain itu Mesir selatan kaya dengan peninggalan peradaban Mesir Kuno. Jelajahilah Luxor dengan peninggalan seperti Nefertiti, Karnax Temple, Luxor Temple, King Valley dan pelbagai objek lain peninggalan Mesir kuno. Anda bisa melihat tulisan hygrolif secara jelas di tiang-tiang bagunan lama yang berukuran raksasa dan melihat dari dekat obelisk yang merupakan symbol peribadatan kepada dewa Ra.

Lebih ke selatan anda bisa melihat kehebatan High Dam (bendungan) Aswan yang dibangun setinggi 123 m. Dari bendungan inilah rakyat Mesir  mengandalkan sumber energi listrik sekaligus mengatur air yang mengalir ke hilir sungai Nil. Kalau tidak dibendung sungai ini barangkali kerap membawa banjir bagi msyarakat sepanjang sungai terutama di Kairo yang padat penduduk dan menjadi objek wisata yang eksotik. Akibat dari perbaruan bendungan ini beberapa peninggalan sejarah nyaris hilang karena tenggelam oleh genangan air. Sehingganya dilakukan pemindahan Philae Temple dari tempat yang semula ke tempat yang lebih tinggi begitu juga dengan Abou Simbel Temple. Dari bendungan ini terbuat Nasser Lake (danau Nasser) sepanjang 500 Km yang dua pertiganya berada di Negara Sudan. Kalau sudah sampai di Aswan akan sangat rugi bila anda tidak melanjutkan ke Abou Simble yang menyimpan Abou Simble Temple. Didalam Abou simbel Temple ini ada bagian peribadatan yang hanya terkena cahaya sekali dalam setahun.

 


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Only on Yahoo!

Star Wars galaxy

Create a profile

and meet fans.

Yahoo! Search

Start Searching

Find exactly

what you want.

Yahoo! Groups

Special K Challenge

Join others who

are losing pounds.

.

__,_._,___

No comments: