CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Tuesday, September 30, 2008

Re: [ketika_cinta_bertasbih] 1 Syawal di Mesir (Lanjutan)

llahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah Allahu Akbar, wa lillahil hamd

Alhamdulillah dan segala puji bagi Allah SWT serta Pejuang revolusioner sejati; Muhammad saw beserta keluarga dan para pengikutnya hingga akhir jaman.


Setelah mengkaji beberapa informasi dan data mengenai perwujudan hilal Syawal (versi Rukyatul Global) di berbagai situs & telepon dari berbagai sumber, Insyallah Hari Raya Idul Fitri digenapkan menjadi 30 hari. Atau bertepatan dengan tanggal 1 Oktober 2008.

Akan tetapi ada sebagian yang merayakan Ied pada 30 September 2008. Ini didasarkan hasil pemeriksaan hilal syara pada Senin malam, September 2008, ditarik kesimpulan telah terbukti adanya ru'yat hilal secara syar'iy di sejumlah negeri muslim (hilal terlihat ti berbagai negeri muslim). Karena itu Selasa (30 September 2008) adalah Idul Fitri 1 Syawal 1429 H.


Namun muncul beberapa pertanyaan:

1.    Bila ada yang merilis semacam "Info Resmi 1 Syawal 1429 H", semenjak kapan perilis jadi sumber resmi 1 Syawal saat umat Islam tidak memiliki Kholifah? Lalu kalau yang lain tidak resmi? Kalau demikian, yang lain harus ditolak karena tidak resmi & sah?
2.   Kemudian bila disebutkan "..Setelah memeriksa hilal", siapa yang memeriksa? Mana hasil pemeriksaan? Pemeriksanya orang yang paham hilal tidak?

3.   Lalu bila disebutkan"..Maka telah terbukti adanya ru'yat hilal secara syar'iy", siapa yang membuktikan? Siapa orangnya? Dimana? Apa buktinya?


Kejelasan diperlukan agar tidak terkesan dogmatis. Nah ringkasan tulisan dari berbagai sumber yang kami sertakan di sini kami harap bisa memberikan sedikit pencerahan agar kita tidak hanya ikut saja tanpa mengetahui fakta yang jelas seputar penentuan 1 Syawal ini.

Bagaimanapun akhirnya kami segenap kru Liberationyouth.com mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1429 H, Taqabalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Semoga ini menjadi Syawal terakhir kita dalam keadaan tidak revolusi. Insyaallah tahundepan revolusi itu terjadi.

Bagi yang melaksanakan Hari Raya Idul Fitri hari Senin, 29 September 2008 (Nigeria) & Selasa, 30 September 2008 (Bahrain, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libya, Filipina, Russia, Arab Saudi, UEA, Yaman, sebagian Indonesia), kami ucapkan juga Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga perbedaan ini tidak menjadikan kita terpecah dalam perjuangan revolusioner kita.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah, Allahu Akbar, wa lillahil hamd.

-segenap Kru www.liberationyouth.com

 

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Berikut kami sertakan berbagai ulasan dari berbagai kenapa kami menyatakan Ied tanggal 1 Oktober 2008;

 

www.icoproject.org

Hilal bulan baru akan nampak pada tanggal 29 dan 30 September (gambar terlampir). Sampai tengah malam tanggal 29 September tidak dimungkinkan terlihat kecuali bila ada laporan dari daerah yang diarsir warna pink (dapat dilihat dengan mata telanjang) dan  dari daerah yang diarsir warna biru (dapat dilihat dengan bantuan teropong). Namun merujuk kepada hadis Rasul SAW, hilal harius dilihat dengan mata tanpa bantuan alat.

Image
Image

Keterangan arsir:

# Merah: Tidak mungkin melihat hilal di daerah berarsir merah

# Biru: Hilal dapat dilihat dengan bantuan alat (teropong dll).

# Magenda / Pink:  Hilal dapat terlihat dengan mata telanjang (naked eye) dengan syarat cuacanya bagus / cerah dan pengamatnya berpengalaman.

# Hijau: Hilal dapat terlihat mudah oleh meraka yang berada diarsir hijau (lebih mudah dari Pink)

# Tak berwarna: Hilal sama sekali tidak mungkin terlihat di daerah yang tidak ada warna.

 

Catatan

Jadi jika ada laporan terlihatnya hilal dari daerah yang tanpa arsir, laporan ini tidak bisa diterima karena di daerah ini hilal tidak mungkin terlihat apalagi daerah yang berarsir merah.

 

Tanggal 30 September (merujuk ke gambar 29 September) bisa menjadi 1 Syawal dengan catatan ada laporan penglihatan hilal dari daerah yang berarsir merah (kep. Polinesia) itupun harus dalam kondisi cuaca bagus dan pengamat berpengalaman atau laporan dari daerah berarsir biru (Amerika selatan) dengan bantuan alat akan tetapi penentuan bulan baru harus menggunakan mata tanpa bantuan alat (Naked Eye).

 

Secara detil berikut laporan dari berbagai wilayah:

 

Malaysia:

ICOP member Abdul Majid Abdul Wahid (hilal tak terlihat)

ICOP member Kassim Bahali  (Setelah melakukan pengamatan di Observatorium Khawarizmi, ternyata perwujudan hilal tidak tampak meskipun dengan menggunakan teleskop dan Theodolit

Norway:

ICOP member Mr.Imran Mushtaq (Hilal tidak terlihat)

 Burkina Faso:

ICOP member Mr.Ibrahima Thierno (Setelah dicoba dilihat dengan mata telanjang pada Magrib 29 September di Ouagadougou, Hilal tidak terlihat)

 South Africa:

ICOP member Dr.Abdurrazak Ebrahim (Hilal tidak terlihat)

 Nigeria:

ICOP member Mr.Qamardeen Y Muhammad (Hilal tidak terlihat)

 UK:

ICOP member Mr.Qamar Uddin (Meskipun dengan teropong, hilal tidak dapat dilihat. Banyak muslim Inggris yang mencoba melihat dengan mata telanjang. Tapi semua tidak dapat melihatnya)

 

 

www.moonsighting.com

Kemungkinan hilal dapat terlihat ada di daerah Kepulauan Polinesia di Samudera Atlantik sana. Namun kami kesulitan untuk mendapatkan informasi hilal dari Kepulauan Polinesia. Dari Amerika Selatan pun sangat mungkin terlihat hanya saja informasi terlihatnya akan sangat telat atau setelah siang hari.

 

Madrigal M. Macadato & Dr. Ali B. Panda;MCW member Philippines, (dikabarkan ada yang telah melihat hilal di Mindanao sebelum matahari terbenam tanggal 29 September 2008 selama 2 jam setelah itu tidak terlihat lagi oleh Aleem OMAR PASIGAN seorang Mufti MILF)

Dr. Shabbir Ahmed; MCW member Australia (Hilal tidak terlihat. Syawal digenapkan menjadi 30 hari)

Mr. Ahmad I. Adjie; MCW member Indonesia (Hilal tidak terlihat di Pantai Pangandaran) 

Mr. AR Sugeng Riyadi; MCW member Indonesia (Hilal tidak terlihat) 

Dr. Musa·Minha; MCW member China (Hilal tidak terlihat) 

Maulana Sultan Alam; MCW member Pakistan (Hilal tidak terlihat di 17 titik di Pakistan) 

M H Zulqarnain, Mrs. Lubna Shawly,  The Kingdome dari Saudi Arabia (Hari Selasa Ied. Komentar dari Moonsighting.com: Kondisi hilal terlihat sangatlah tidak mungkin muncul di Arab Saudi. Karena bulan tenggelam sebelum sunset dan bulan masih berusia kurang dari 7 jam)
Ahmad Abu Zaid; MCW member Jordan, (Hilal tidak terlihat) 

Rashid Motala; MCW member Africa, (Hilal tidak terlihat) 

Dr. Abdurrazak Ebrahim; MCW member Africa Selatan (Hilal tidak terlihat) 

Muhammed Yasin Qamardeen; MCW member Nigeria (Hilal tidak terlihat) 

Imran Mushtaq; MCW member Norway (Hilal tidak terlihat) 

Danyal Shoaib dari London, UK (Hilal terlihat. Maka Selasa Ied. Akan tetapi dibantah oleh Saraj Qazi yang juga mengamati hilal dari London, UK. Menurut dia, penampakan hilal tidak mungkin pada seluruh bagian dunia hari itu) 

Markazi Jamat Ahle Sunnat UK & Europe (Hilal tidak terlihat)

Dr. Muhammad Afifi al-Akiti; MCW member Oxford UK (Hilal tidak terlihat)

 

Artikel ini tidak berpretensi apakah pro atau kontra keputusan 1 Syawal versi pemerintah, namun tidak lebih dari pembahasan yang berdasarkan fakta yang ada mengenai rukyatul Hilal dari http://icoproject.org, http://moonsighting.com, http://rukyatulhilal.org



--- On Mon, 9/29/08, mahmud masri <h7fc_kinanah@yahoo.com> wrote:
From: mahmud masri <h7fc_kinanah@yahoo.com>
Subject: [ketika_cinta_bertasbih] 1 Syawal di Mesir
To: akarrumput-subscribe@yahoogroups.com, anggotaicmi@yahoogroups.com, etty_barus@yahoo.com, fit_0586@yahoo.com, hepta_khandra@yahoo.com, infopmik@yahoogroups.com, ketika_cinta_bertasbih@yahoogroups.com, kmm_mesir@yahoogropus.com, kmm-mesir@yahoogroups.com, ksmriau@yahoogroups.com, mapokus@yahoogroups.com, mardhati_perdana@yahoogroups.com, monamaharani@yahoo.com, pcim_kairo_mesir@yahoogroups.com, pkei_kairo@yahoogroups.com, ppmi-mesir@yahoogroups.com, rezaervani@yahoogroups.com, rumahilmu@yahoogroups.com, yon_metra@yahoo.com
Cc: "alnof dinar" <alnof_84@yahoo.com>
Date: Monday, September 29, 2008, 11:43 PM

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Berdasarkan pengumuman resmi Mufti Republik Arab Mesir, Prof. Dr. Ali Jum`ah di situs Resmi Lembaga Fatwa Mesir bahwa;

 

Lembaga Fatwa Mesir mengamati kemunculan hilal setelah terbenam matahari pada hari Senin 29 Ramadhan 1429 H. yang bertepatan dengan 29 September 2008 M .  melalui lembaga ilmiah dan syar`iyah yang tersebar diseluruh Republik Arab Mesir.

Telah ditetapkan secara  syar`I dari hasil pengamatan rukyat hilal secara syar`I ini bahwa Hilal Syawal 1429 H. tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, hal ini juga sesuai dengan hisab falaky (perhitungan secara Astronomi).


Oleh karena itu Lembaga Fatwa Mesir mengumumkan bahwa hari Selasa, 30 Oktober 2008 M. adalah penyempurna Ramadhan 1429 H. dan 1  Syawal 1429 H. jatuh pada hari Rabu, 1 Oktober 2008 M.


Selamat Hari Raya Idul Fitri. Kullu `am wa antum bi khair. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.


Wassalamu`alaikum Wr.Wb


 

Silahkan kunjungi: http://dar-alifta. org/ViewStatemen t.aspx?ID= 71



__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Entertainment

World of Star Wars

Rediscover the force.

Explore now.

Yahoo! Search

Start Searching

Find everything

you're looking for.

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

No comments: