CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sunday, May 2, 2010

[ketika_cinta_bertasbih] WSC Menggelar KARNAVAL KATA

 

WSC Menggelar KARNAVAL KATA

CAIRO--Word Smart Center (WSC) menggelar acara KARNAVAL KATA di Griya Jateng, Nasr City Cairo. Acara yang dilaksanakan tanggal 30 April 2010 dengan tema "Meniti Visi Anak Bangsa 2018" ini, dihadiri oleh Duta Besar, Atdiknas KBRI Mesir, beberapa tokoh dan ratusan mahasiswa Indonesia Mesir. Acara ini dalam rangka peresmian WSC, pelantikan pengurus WSC periode 2010-2011, pengumuman pemenang lomba menulis JAIZAH DUBES, pemberian SMART Literary Award, wisuda Sekolah Menulis SMART, launching buku Quantum Motivation dan majalah WORD SMART.

Acara pembuka, pemutaran film dokumenter WSC berjudul VISI NABI NUH dan talk show bersama Imazahra Fatimah, penulis buku best seller Long Distance Love (LDL). Dalam talk show ini, Imazahra memaparkan proses kreatifnya terjun dalam dunia kepenulisan dan pembuatan buku LDL. Dia memotivasi para mahasiswa Indonesia dengan cara menceritakan pengalamannya berkunjung ke 15 negara sebagai berkah dari menulis. Bahkan, kehadirannya di Mesir dalam rangka menulis buku.

Acara itu selesai tepat adzan maghrib mengumandang. Setelah sholat dan acara selingan biola The Fiddle's bersama MisSane Talentist, acara wisuda Sekolah Menulis SMART. Sebelas peserta sekolah menulis dari 4 propinsi Mesir: Cairo, Zagazig, Manshurah, dan Tanta menerima sertifikat yang diberikan oleh salah satu mentornya, Teguh Hudaya, Lc.

Kemudian peresmian WSC. Founder WSC, Udo Yamin Majdi memberikan Prasasti Peresmian kepada Dubes, AM. Fachir. Dubes membacakan isi prasasti, "al-hamdililah setelah berjalan secara non-formal selama tiga tahun --tepatnya tanggal 25 Januari 2008-- Word Smart Center berawal dari mailing list wordsmart@yahoogroups.com [sekarang berubah menjadi wordsmartcenter@yahoogroups.com--red], maka pada hari ini Word Smart Center berdiri secara resmi untuk membangun Indonesia Mulia, Cerdas, Mandiri dan Kreatif lewat dunia leterasi." Peresmian ini sekaligus pelantikan. MC memanggil satu persatu 13 dewan pengurus WSC periode 2010-2011. Mereka berdiri di depan Udo Yamin Majdi untuk melantik dan menuntun mereka membaca ikrar.

Tibalah pengumuman lomba menulis JAIZAH DUBES. Udo Yamin --sebagai perwakilan tim juri Mesir dan tim juri Indonesia, penerbit Mizan-- mengumumkan dan memberitahu standar penilaian. Pemenang katagori menulis buku: juara I "The Love Empire" karya M. Irja Nasrullah Majid, juara II "Risalah Pernikahan: Menyibak Rahasia di Balik Kehidupan Rumah Tangga Rasulullah Saw." karya Kopri Nurzen, dan "Jejak Cinta Kota Debu" karya Mayyadah hadiah. Masing-masing mendapatkan hadiah: Le.1500, Le.1250 dan Le. 1000. Sedangkan katagori esai kisah nyata dimenangkan oleh: juara I "Karena Aku Wanita" karya Martina Purna Nisa, juara II "Melukis Cerita di Tengah Badai Derita" karya  M. Hidayatullah, dan "Jelmaan Malaikat" karya Ummi Kultsum. Dengan hadiah Le.300, Le.200, dan Le.100.

Sebelum Dubes memberikan ucapan selamat untuk WSC, pengurus dan pemenang lomba, beliau mempersilahkan Atase Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Sangidu Asofa. Bapak Sangidu membahas ragam bahasa: bahasa sastra, bahasa jurnalistik dan bahasa ilmiah. Beliau juga mengingatkan kepada para mahasiswa untuk segera mengikuti lomba menulis artikel populer KBRI Cairo dengan tema "Kontribusi Pelajar Indonesia di luar negeri untuk pendidikan nasional". Juara 1 dan 2 akan dikirim ke Australia untuk mewakili Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir dalam acara Konferensi Internasional Pelajar Indonesia 2010 (KIPI) di Victoria University, Melbourne, Australia pada tanggal 16-18 Juli 2010.

Dubes memotivasi para mahasiswa untuk menulis. Beliau menceritakan, meskipun sudah menjadi dubes, beliau tetap belajar dan menulis, diantaranya menulis di harian Kompas. Bahkan beliau membawa draft naskah edisi Arab buku tentang hubungan antara Mesir dan Indonesia yang telah diterbit oleh KBRI. "Selamat untuk WSC dan kami siap dukung!" kata Dubes mengakhiri pembicaraannya.

Selesai acara selingan teatrikal pusi dari Rumah Budaya AKAR langsung launching buku Quantum Motivation: Melejitkan Potensi Biasa Menjadi Luar Biasa karya Miftahurrahman el-Banjary. Dalam launching ini penulis sekaligus menejer utama WSC periode 2010-2011 lewat slide menjelaskan isi buku. Buku terbitan Word Smart Media ini mendapat respon luar biasa dari pengunjung KARNAVAL KATA.

Pemberian SMART Literary Award. Katagori individu: Indra Gunawan, Lc. (pengarang fiksi terbaik), Desi Hanara (penulis non-fiksi terbaik), Farhan Kourniawan (jurnalis terbaik), Dr. Fadholan Musyaffa' al-Mu'thi (peneliti terbaik), Ahmad Ginanjar Sya'ban (penerjemah terbaik), Ahmad David Khalilullah (penyair terbaik), Muhammad Tabroni Basya (budayawan terbaik), Agus Solehudin (lay outer terbaik), A. Syauqu Habibie (designer terbaik) dan Ahmad Khoiry (webmaster terbaik). Katagori organisasi: Studi Informasi Alam Islami (SINAI), Forum Lingkar Pena (FLP) Mesir dan Rumah Budaya AKAR. Katagori MEDIA: Informatika dan Trobosan. Piagam penghargaan diberikan oleh sekretaris WSC 2008-2010, Rashid Satari.

Berikutnya launching Majalah WORD SMART. Pemred, M. Khozin dan Koordinator divisi media-info WSC, Zulfahani menjelaskan tentang isi majalah. Mereka menyampaikan bahwa majalah ini akan memposisikan diri sebagai majalah kepenulisan dan perbukuan, berbeda dengan media mahasiswa Indonesia dan sarana untuk menyuarakan visi, misi, strategi serta berbagai kegiatan WSC.

Sebagai acara puncak KARNAVAL KATA, penampilan akustik AKAR band dan menyanyikan lagu mars WSC. Ibrahim yang menulis lirik lagu mars WSC, memimpin langsung menyanyi bersama. Acara pun ditutup oleh MC, Dede Permana dan Nike. (uym/sns)

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: