CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Tuesday, April 7, 2009

[ketika_cinta_bertasbih] Fw: [khazanah_islam] Hadits hari ini - Apa yang terjadi setelah kematian? (3)



----- Forwarded Message ----
From: Ina Rosnawati <ina.harlan@gmail.com>
To: khazanah_islam@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 6, 2009 20:57:45
Subject: [khazanah_islam] Hadits hari ini - Apa yang terjadi setelah kematian? (3)



# Dari Hani' (maula Utsman RA), ia berkata, "Utsman bin 'Affan jika berhenti pada sebuah kuburan maka ia akan menangis, sehingga jenggotnya pun basah. Dan ditanyakan kepadanya, 'Apakah engkau ingat akan surga dan neraka? Janganlah engkau menangis. Mengapa engkau menangis hanya karena ini?' Ia berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya kuburan adalah tempat singgah pertama (bagi) Akhirat. Jika selamat darinya niscaya selanjutnya (menjadi) lebih mudah darinya, dan jika tidak selamat, maka yang sesudahnya (akan menjadi) lebih sulit darinya.' Utsman berkata, 'Rasulullah SAW juga bersabda, 'Aku tidak pernah melihat suatu pemandangan melainkan kuburan itu lebih buruk darinya (dari semua pandangan)'." Hasan: Al Misykah (132), Takhrij Al Ahadits Al Mukhtarah (366, 367).

# Dari Ibnu Umar RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Jika seseorang di antara kalian meninggal dunia, maka akan diperlihatkan tempat tinggalnya saat pagi hari dan sore hari. Jika ia termasuk penduduk surga, maka ia adalah penduduk surga, dan jika ia termasuk penduduk neraka, maka ia adalah penduduk neraka. Kemudian dikatakan, 'Inilah tempatmu sampai kamu dibangkitkan pada hari Kiamat'." Shahih: Ar-Raudh An-Nadhir (495). Muttafaq 'Alaih.

# Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Sesungguhnya (ketika) mayit masuk ke dalam kubur, maka (mayit) seorang yang shalih akan didudukkan di dalam kuburnya tanpa rasa takut dan tanpa kekhawatiran. Lalu akan dikatakan kepadanya, 'Bagaimana keadaan akhir hayatmu?' Ia akan menjawab, 'Aku dalam keadaan Islam?' Kemudian ditanyakan lagi, 'Siapakah lelaki ini?' Ia menjawab, 'Muhammad Rasulullah SAW yang telah datang menemui kami dengan membawa ayat-ayat dari Allah dan kami pun mempercayainya.' Dikatakan kepadanya, 'Apakah kamu pernah melihat Allah?' Ia menjawab, 'Tidak layak seseorang untuk melihat Allah.' Maka dibukakanlah baginya celah yang membatasi neraka, ia melihat gejolak apinya yang saling menghantam satu dengan lainnya. Dan dikatakan kepadanya, 'Lihatlah apa yang telah Allah selamatkan bagi dirimu.' Kemudian dibukakan celah yang menghalangi surga dan ia melihat hiasan dan seluruh keindahan yang terdapat di dalamnya. Maka dikatakan kepadanya, 'Inilah tempatmu.' Dan dikatakan kepadanya, 'Atas keyakinan yang kamu jalankan, dan karenanya pula kamu dimatikan, serta dengannya pula kamu dibangkitkan, insya allah.' Seorang yang jahat akan didudukkan di kuburnya dengan penuh rasa takut dan kekhawatiran. Maka ditanyakan kepadanya, 'Bagaimana keadan akhir hayatmu?' Ia menjawab, 'Tidak tahu.' Ditanyakan kepadanya, 'Siapa lelaki ini?' Ia menjawab, 'Aku mendengar orang-orang membicarakan sesuatu dan aku pun mengikutinya.' Lalu dibukakan celah yang membatasi surga, dan ia melihat keindahan yang terdapat di dalamnya, maka dikatakan kepadanya, 'Lihatlah kepada apa yang Allah jauhkan dirimu darinya.'Kemudian dibukakan celah yang membatasi neraka dan ia melihat apinya saling menghantam antara satu dengan lainnya. Maka dikatakan kepadanya, 'Inilah tempatmu, atas keraguan yang ada pada dirimu, dan karenanya pula kamu mati, serta dengannya kamu pasti dibangkitkan, insya allah'." Shahih: Al Misykah (138), At-Ta'liq Ar-Raghib. Telah disebutkan sebelumnya dengan hadits serupa.


[Dikutip dari Shahih Sunan Ibnu Majah, Kitab Zuhud - Bab Alam Kubur dan Kelusuhan]




Get your new Email address!
Grab the Email name you've always wanted before someone else does!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: